17 November 2006

Problematika Kota Kita


Dear all,

Tiap kota memang punya berbagai permasalahan yang ada, termasuk Brebes tercinta. Secara umur, Brebes termasuk kota yang berumur "sangat tua", karena kalau dihitung mungkin sudah sekitar 328 tahun Brebes berdiri - ini dihitung menurut "konvensi" masyakarat Brebes bahwa kelahiran Brebes yaitu pada tanggal 18 Januari 1678-.

Nah, sebagai kota yang terkenal dengan sentra bawang merah dan telor asin, ternyata Brebes masih termasuk kawasan yang memiliki segudang permasalahan dan belum terlihat tanda-tanda menuju "kota yang maju", sebagaimana kota tetangganya, Tegal disebelah timur atau Cirebon di sebelah barat.

Memang, kita harus akui, di sana-sini kita juga wajib bersyukur akan beberapa perkembangan kota yang sudah berjalan saat ini, seperti tata kota yang cukup rapi -dari sudut penulis-, menjadi kota teladan untuk pembayaran PBB -meskipun penuh dilematis dan terkesan dipaksakan dengan menggunakan program 'talangan', dan tentu saja, kita boleh bangga akan identitas sentra bawang merah dan telor asin yang tak pernah hilang ... mudah2an.

Namun sebagai generasi kelahiran Brebes, tentu kita juga jangan menutup mata terhadap beberapa permasalahan yang memang masih menghinggap pada tubuh kota kita ini. Berikut beberapa permasalahan yang nampak jelas terlihat dari segudang permasalahan tersebut.
- Kurangnya upaya serius pemda untuk kesejahteraan warga khususnya para petani, seperti untuk antisipasi kasus "murah meriah"-nya hasil panen bawang petani Brebes sehingga masih punya nilai jual ke pasaran.
- Kurang maksimalnya -mungkin juga belum ada- program penanggulangan untuk warga di daerah tertentu yang tidak sanggup mengonsumsi makanan pokok nasi untuk keperluan harian, dll
- Belum tersedianya sarana dan prasarana kota yang memadai dan bisa dihandalkan, seperti terminal kota (syukur2 klo bisa jadi terminal AKAP seperti di Tegal), stasiun KA besar, pelabuhan dan fasilitas penunjang lainnya.
- Belum ada perguruan tinggi yang cukup diandalkan dan dibanggakan, minimal warga sendiri dan sekitarnya.
- Tentu masih banyak lainnya ....

Nah teman2 semua, sekiranya kita punya ide atau jalan solusi dari permasalahan yang kita anggap "mudah" alias "gampang" untuk kita realiasasikan bersama sesuai dengan kemampuan kita yang ada, monggo lah berbagi di sini ... dan ke depan, tentunya bisa menjadi sumbangsih untuk mereka menuju lebih baik lagi ...

Kawan, monggo berdiskusi via menu komentar/tanggapan di bawah ... matursuwun

3 Comments:

Blogger KOMBES said...

Waduh ... kakang2 lan mbak yu ne iki pada ngendi sih .. ko ora pada gelem ngein komentar atau apalah ... endi kiye suarane cah2 FKMB ??? he he he he

20 November 2006 at 17:39:00 GMT+7  
Anonymous Anonymous said...

Saya bangga dengan adanya situs ini, saya akan berusaha membangkitkan BREBES dari keterpurukan.
Sayang, birokrasi adalah pemegang peran utama di kota ini.
Seandainya ada putra daerah yang bergabung dan bersatu untuk membangkitkan BREBES, aku yakin BREBES tidak hanya di pegang oleh orang2 BIROKRAT!!

11 August 2008 at 21:35:00 GMT+7  
Anonymous Anonymous said...

setelah memperkenalkan diri di moci bareng online kini saatnya say sedikit memberi komentar walaupun mungkin kurang berbobot bahkan tak berbobot sama sekali..saya setuju dengan apa yang ditulis diatas.brebes kota yang lumayan luas punya orang terkaya yang punya perusahaan dedy jaya, namun dalam segi pembangunannya sedikit terlambat denga tetangga2 kita ingin rasanya bergabung dan membangun kota kita tercinta.namun karena keterbatasan ilmu dan kekuatan saya. dengan segenap keterbatasan itu saya hanya mencoba berusaha membangun dari desa sendiri dulu mudah2an saya bisa mendapatkan ilmu dari blog ini.

17 January 2009 at 01:54:00 GMT+7  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home