02 January 2007

Report Moci Bareng II FKMB


Assalamu’alaikum

Ba’da Tahmid wa Shalawat …

Kiranya tiada kata yang pas selain puji syukur Alhamdulillah atas terlaksananya acara Moci Bareng ke-2 FKMB yang dilaksanakan kemarin, 24-25 Desember 2006 di Wisma LATIN, Bogor. Tak lupa kami sampaikan terimakasih tak terhingga buat teman2 semua atas partispasinya, khususnya kepada tuan rumah (mas Raha, mas Oeded + keluarganya)yang telah menyajikan segala sesuatunya dengan apik dan memuaskan he2 ...

Saudara2-ku semuanya ….
Komitmen kita bersama untuk membangun Brebes memanglah kuat. Namun sesungguhnya hal itu belum berhasil tatkala ide2 cemerlang kita belum terealisasikan di tengah2 masyarakat Brebes.

Sahabat, berikut ini adalah bagian dari komitmen kita untuk membangun Brebes, yang telah kita sepakati pada acara Moci Bareng kemarin.

1. Bidang Sumber Daya Manusia
Sebagai unsur yang sangat utama dalam pembangunan, SDM kiranya ditempatkan pada salahsatu program prioritas pemberdayaan masyarakat Brebes, melalui : peningkatan kualitas pendidikan masyarakat, dibarengi dengan pelatihan2 yang diperlukan.

Beberapa program aplikasi untuk mendukung peningkatan SDM tersebut adalah sebagai berikut :
- Sosialisasi pendidikan, baik formal maupun informal.
- Pemberian bantuan/sumbangan pendidikan
- Pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan keahlian yang ada pada anggota FKMB.

2. Bidang Sumber Daya Alam
Sebagai kota yang diberkahi dengan alam yang subur dan wilayah strategis, SDA Brebes perlu digerakkan lebih lanjut untuk menunjang roda perekonomian kota menuju masyarakat yang sejahtera. Terkait dengan hal itu, untuk menunjang basis perekonomian yang kuat dari sisi pertanian, perkebunan dan peternakan, beberapa program yang aplikasi yang kita rencanakan adalah sebagai berikut :
- Membangun gerakan penghijauan dan reboisasi.
- Pengawalan PPAN (Program Pembaharuan Agraria Nasional).

3. Bidang Sumber Daya Sosial
Hal penting lainnya adalah pengembangan SDS terkait kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat lapis bawah yang sering terkena dampak ketidakadilan dan ketidakbijaksanaan dari pemerintah. Beberapa program aplikasi yang kita galakkan adalah sebagai berikut :
- Pengumpulan dana untuk kegiatan sosial.
- Audiensi dengan pihak birokrat Brebes.

Untuk menjalankan roda dari program tersebut di atas, telah terbentuk ruang koordinasi yang terdiri atas :
1. SDM : Didin “Dinho”, Gus Maul “GM”, Tarisno “Uclux”, Sugeng “Soe Genk Gie”, Rohmat Mubarok dkk
2. SDA : Budi Rahardjo “Budjo”, Dedi “Oeded”, Hasan, dkk
3. SDS : Adi Darmawan, Ade Mulya “Jhon”, Intan, Ningsih “Bening”, M. Misbah, dkk

Program2 pada tiap bidang di atas memang tidaklah mudah seperti kita membalikkan telapak tangan karena semuanya perlu tenaga, waktu, biaya dan proses lainnya. Oleh karenanya kepada tiap anggota bidang segera mempersiapkan diri untuk melangkah ke depan.

Demikian, selamat bekerja dan berbakti pada negeri dan brebes tercinta.

Mudah2an Allah selalu menyertai kita semua, amin.

2 Comments:

Blogger mas_izzah said...

assalamu'alaikum...

saudara2-ku, keinginan untuk memberikan yang terbaik adalah sikap mulia, hanya orang2 yang berhati tuluslah yang bisa melakukannya. membentuk suatu wadah/organisasi untuk memikirkan dan bertidak untuk kemajuan tempat kita dilahirkan adalah sikap terpuji, hanya orang2 yang hati ikhlaslah yang bisa melakukannya.

karena itu lah saudara2-ku, jangan sampai sikap mulia dan terpuji itu kandas di tengah jalan, karena konsep yang tidak jelas atau kerja yang serampangan/asal jadi/tidak sistematis. bukankah barisan yang kokoh / organisasi yang mantap hanya akan dicapai oleh barisan yang teratur dan konsep yang jelas.

saudara2-ku, mendirikan organisasi adalah hal yang mudah, tapi perlu diingat bahwa menjaga dan mempertahankan organisasi untuk tetap eksis adalah hal yang cukup sulit. karena itu lah saudaraku..sudahkah kita mempersiapkan atau memikirkan itu semua?.

saudara2-ku.., persiapkanlah itu semua dengan baik, jelas dan rapi. visi, misi, sifat, arahan kerja, lingkup kerja, keanggotaan, kepengurusan, struktur organisasi, pendanaan, dan hal2 lainnya yang diperlukan, cobalah untuk diurai kembali agar tidak menimbulkan polemik/permasalahan di kemudian hari, sehingga organisasi yang dibuat akan tetap eksis.

mungkin, saudara2-ku semua sudah hapal apa yang dimaksud ad/art dalam sebuah organisasi. ya..itu lah yang memuat konsep sebuah organisasi secara sistematis. ketika sebuah organisasi ingin diakui secara legal formal salah satu syaratnya adalah adanya ad/art.

saudara2-ku, saya sendiri sebenarnya tidak mempermasalahkan adanya ad/art atau tidak, yang penting bagi saya adalah adanya konsep yang sistematis, yang dapat menerangkan mengenai organisasi yang dibentuk secara jelas. tentunya kita semua tidak ingin organisasi yang dibentuk, dicap negatif baik oleh pemerintah maupun masyarakat, atau organisasi yang dibentuk dianggap sebagai organisasi gelap yang tidak mempunyai konsep yang jelas.

saudara2-ku, untuk membentuk organisasi yang baik, rasanya tidak cukup hanya bermodal semangat dan keinginan saja. perlu konsep dan pemikiran yang matang juga. karena itulah saudaraku...tumbuh dan kembangkanlah itu semua.

saudara2-ku, sekali lagi..jangan sampai sikap mulia dan terpuji untuk memberikan yang terbaik kandas di tengah jalan, persiapkanlah semuanya dengan sebaik2nya. tetap semangat dan teruslah berjuang untuk memberikan kemanfaatan. insya Alloh.., Alloh akan memberikan kemudahan.

wassalamu'alaikum...

-izzah-

6 January 2007 at 00:21:00 GMT+7  
Anonymous Anonymous said...

Great work.

12 November 2008 at 12:10:00 GMT+7  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home